Cara Mudah Mencegah HP Anda Diretas

Cara Mudah Mencegah HP Anda Diretas

Pegasus sebuah aplikasi peretasan buatan Israel viral akhir-akhir ini. Banyak orang yang membagikan cara pencegahan peretasan handphone (HP). Adakah cara mudah mencegah HP Anda diretas?

Kemungkinan Pegasus digunakan untuk meretas HP Anda adalah sangat kecil sebenarnya. Kecuali jika Anda pejabat negara, orang penting atau orang yang dianggap penting. Karena penjualan aplikasi Pegasus seharusnya sangat dibatasi oleh NRO Group, tidak sembarang orang atau organisasi bisa membelinya.

Namun kemungkinan HP Anda diretas tetap besar, demi mendapatkan keuntungan ekonomi. Antara lain misalnya untuk membobol rekening bank Anda misalnya atau bisa juga untuk memeras Anda jika Anda memiliki rahasia yang disimpan di dalam HP.

Sampai saat ini tidak diketahui berapa banyak HP yang diretas setiap tahunnya. Namun media sering kali memberitakan kejadian tersebut. Termasuk di dalamnya korban yang mengalami kerugian pembobolan rekening bank.

Adakah cara mudah mencegah HP Anda diretas?

Waspada dan Hati-hati

Salah satu cara hacker atau peretas meretas HP adalah dengan membagikan link atau file yang berisi program peretasan (malware).

Jika Anda selalu waspada dengan link atau file yang tidak jelas, maka tidak akan mudah bagi peretas untuk meretas HP Anda. Link malware ini bisa bermacam-macam, sebagai contoh bisa saja berupa promo resto atau toko terkenal yang memberikan diskon gila-gilaan. Link promo macam ini biasanya gampang dibagikan ke grup-grup percakapan Whatsapp.

File juga bentuknya bisa bermacam-macam. Sebagai contoh bisa berupa file video porno artis misalnya. File semacam ini mendorong orang untuk mengunduhnya, padahal berisi malware. Atau bisa juga berupa aplikasi bajakan.

Hanya dengan selalu waspada dan berhati-hati, Anda bisa mencegah peretasan HP.

Two Factor Authentication

Sebisa mungkin aktifkan two factor authentication (2 FA) pada aplikasi populer seperti WA atau Facebook. Dengan mengaktifkan ini akan lebih sulit bagi peretas untuk menguasai akun WA atau Facebook Anda.

Reboot/Restart

Ketika Anda sudah waspada dan hati-hati untuk tidak klik link tidak jelas atau sembarang mengunduh file. Maka peretas (hacker) memikirkan cara baru untuk bisa meretas HP Anda.

Sekarang ini sudah mulai populer peretasan gaya baru yang tanpa adanya interaksi pemilik HP (klik link misalnya) sudah bisa mengirimkan malware. Misalnya hanya dengan melakukan miscall ke WA atau nomor Anda, maka HP sudah terinfeksi.

Namun menyembunyikan file malware di HP bukanlah perkara mudah. Untuk bisa menyembunyikan malware di dalam OS (Operating System) Android atau Apple bukanlah perkara mudah karena Google dan Apple terus menerus memperkuat keamanan masing-masing OS.

Untuk itu peretas (hacker) memanfaatkan memori sementara yang disimpan di dalam RAM untuk menyembunyikan malwarenya. Karena biasanya jarang sekali Anda mereboot/restart HP tanpa terjadi masalah pada HP. Padahal memori sementara yang bisa jadi mengandung malware ini akan terhapus ketika Anda melakukan reboot atau restart.

Sehingga jika Anda melakukan reboot/restart HP atau gadget Anda secara rutin maka makin sulit bagi orang lain untuk dapat meretas.

Cara sederhana yang biasa kita lakukan pada laptop ketika sudah berjalan lambat. Ternyata masih sangat berguna di era yang makin canggih ini.

Referensi: NBC.com

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Ronald Wan

Diary Saham

Share jika Bermanfaat
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 5
  •  
  •  

Author: Ronald Wan

@Pseudonym | Love To Read | Try To Write | Observant | email : [email protected]