Ekonomi Donald Trump

9 Grafik Keberhasilan (Kegagalan) Donald Trump Dalam Ekonomi

Apakah Donald Trump berhasil atau gagal dalam menangani ekonomi Amerika Serikat (AS)? Inilah 9 grafik keberhasilan (kegagalan) Donald Trump dalam ekonomi.

Donald Trump memang pribadi yang kontroversial. Akibat provokasi Trump, pendukungnya menyerang Capitol Hill. Tetapi di sisi lain, apakah Donald Trump berhasil memajukan ekonomi sebagai presiden AS?

CNN.com

Pekerjaan

Sampai dengan tahun 2020, kepemimpinan Trump sebagai presiden AS menunjukkan jumlah penambahan pekerjaan yang bagus. Namun pandemi menghapus semua prestasi itu, dalam waktu 2 bulan 15 persen pekerjaan hilang dan sejak Mei 2020 AS hanya mampu mengembalikan 50 persen pekerjaan yang hilang.

Akibatnya Trump gagal dan dengan angka minus 2,7 persen per Oktober 2020. Trump presiden terburuk dibanding semua presiden yang pernah menjabat.

CNN.com

Pendapatan Rata-rata (Median)

Trump berhasil meningkatkan pendapatan rata-rata (median) rumah tangga AS yang mencapai USD 68.703 berdasar data dari biro sensus AS tahun 2019. Angka ini menunjukkan peningkatan sebanyak USD 5.800 atau 9 persen dibanding data tahun 2016.

Tidak tertutup kemungkinan angka pendapatan rata-rata ini akan menurun di 2020, akibat pandemi.

CNN.com

S&P 500

Bullish market yang dimulai sejak era Obama dan terus berlanjut sampai Trump berkuasa. Investor mengapresiasi penurunan pajak di tahun 2017, yang lebih berpihak kepada perusahaan dan orang kaya.

Per 28 Oktober 2020 S&P 500 meningkat sebanyak 44 persen sejak awal Trump berkuasa.

CNN.com

Harga Rumah

Properti di AS adalah salah satu sektor yang tetap bertumbuh di era pandemi. Tren WFH menyebabkan orang mencari rumah di area penyangga. Sehingga harga rumah tetap bertumbuh, ditambah dukungan bunga yang rendah di AS.

Harga rumah telah meningkat 21 persen sejak Trump menjabat.

Baca juga : Mengatur Keuangan di Era Pandemi

CNN.com

Harga Makanan

Harga makanan tetap terjaga cukup baik di era Trump dengan peningkatan 6,1 persen sejak menjabat. Pada era Obama peningkatan harga makanan adalah sebesar 5,9 persen.

CNN.com

Konsumsi

Sama seperti Indonesia, konsumsi adalah penyumbang utama ekonomi di AS. Di era Trump pertumbuhan konsumsi hanya 3,4 persen yang bisa jadi disebabkan oleh pandemi. Era Obama konsumsi bertumbuh sebanyak 18,6 persen.

CNN.com

Pekerjaan Manufaktur

Salah satu mimpi besar Trump adalah membawa kembali pekerjaan manufaktur ke AS dari luar negeri. Tetapi mimpi tersebut tak terwujud walau relatif masih terjaga atau hanya menurun sebesar 1,3 persen selama Trump menjabat.

Era Obama penurunan pekerjaan manufaktur adalah sebesar 1,5 persen.

CNN.com

Utang dibanding PDB (Produk Domestik Bruto)

Rasio utang AS dibanding PDB meningkat sebanyak 29 persen atau menjadi 105 persen dibandingkan 76 persen saat awal menjabat.

CNN.com

PDB

Akibat pandemi semua keberhasilan peningkatan PDB selama Trump menjabat banyak yang terhapus. Per Oktober 2020 Trump hanya berhasil meningkatkan PDB AS sebanyak 4 persen sejak awal menjabat.

Bandingkan dengan Obama yang berhasil meningkatkan 16,6 persen selama menjabat.

Apakah Trump Berhasil?

Dengan adanya pandemi Covid-19 sulit untuk menilai keberhasilan (kegagalan) Donald Trump dalam ekonomi.

Tetapi yang jelas era Biden tidak akan sekontroversial Trump yang pagi nasi sore bisa menjadi bubur. Ekonomi membutuhkan ketenangan dan kestabilan. Harapannya adalah pandemi segera berakhir dan ekonomi bisa lebih stabil serta berkembang.

Referensi: CNN.com

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Ronald Wan

Share jika Bermanfaat
  • 3
  • 2
  •  
  •  
  •  
  • 1
  • 4
  •  
  •  

Author: Ronald Wan

@Pseudonym | Love To Read | Try To Write | Observant | email : [email protected]