Manfaat Utama Gunakan Masker

Manfaat Utama Gunakan Masker! Kita Tidak Parah Sakitnya

Masker merupakan keharusan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Tetapi tahukah Anda? Bahwa manfaat utama gunakan masker, ketika kita sakit tidak akan parah.

University Of California San Fransisco (UCSF)

Penelitian yang dilakukan oleh UCSF Amerika Serikat oleh dr Monica Gandhi (spesialis penyakit menular) menghasilkan teori yang mengatakan penggunaan masker bisa mengurangi parahnya penyakit. Penelitian ini dipublikasikan di New England Journal of Medicine.

Monica mengatakan bahwa dengan menggunakan masker maka ada virus yang dicegah penyerapannya. Semakin sedikit virus yang diserap tubuh maka risiko parahnya sakit akibat virus SARS Cov-2 akan menurun.

“Semakin banyak virus yang masuk ke dalam tubuh maka kemungkinan besar Anda akan semakin parah sakitnya” kata dr Monica Gandhi.

Persebaran Covid-19 di Asia

Beberapa negara di Asia yang telah memiliki kebiasaan memakai masker sejak sebelum pandemi seperti Jepang, Thailand, Korea Selatan dan Singapura, memperlihatkan persebaran Covid-19 yang tidak terlalu parah.

Memang di sisi lain negara-negara ini juga menjalankan 3T (test, tracing and treatment) yang cukup agresif.

Tetapi jumlah orang yang sakit parah rendah serta tingkat kematian yang juga rendah, bisa menjadi bukti bahwa penggunaan masker bisa mengurangi parahnya penyakit.

Viral Inoculum Theory

Secara sederhana teori ini mengatakan bahwa semakin banyak virus yang masuk ke dalam tubuh maka akan semakin parah penyakit yang Anda derita.

Jika tubuh Anda menyerap 10 virus maka virus akan bereplikasi menjadi 20 (asumsi 1 virus menghasilkan 1 virus baru dalam satu kali proses replikasi). 20 akan menjadi 40, 40 akan menjadi 80 dan seterusnya.

Tetapi jika tubuh Anda menyerap 1.000 virus maka akan bereplikasi menjadi 2.000, kemudian 4.000, 8.000 dan seterusnya.

Kemampuan tubuh untuk menghadapi 80 virus tentu akan berbeda dibanding menghadapi 8.000 virus. Kemungkinan imun tubuh untuk menghancurkan 80 virus akan lebih besar jika dibandingkan menghancurkan 8.000 virus.

Teori ini sendiri bukan teori baru, China pada abad 16 sudah mendokumentasikan percobaan untuk memberikan virus cacar dalam dosis kecil kepada orang agar sakit cacar ringan tetapi imunitas terhadap cacar bisa muncul.

Percobaan pada hamster menggunakan partisi masker medis pada kandang untuk memisahkan hamster yang terinfeksi Covid-19 dan tidak. Memperlihatkan hasil bahwa tingkat penularan menurun jauh dibanding tanpa partisi. Jumlah hamster yang tertular menurun dan yang tertular menunjukkan gejala yang ringan.

Baca juga: Tes Covid, Jangan memaksakan menggunakan rotan

Ketika Anda Terinfeksi Covid-19

Dr Monica Gandhi mengatakan “Ketika Anda terinfeksi Covid-19 dan mengalami gejala ringan maka sebenarnya itu yang paling baik”. Anda bisa menumbuhkan imunitas terhadap Covid-19 tetapi tidak terlalu menderita. Inilah manfaat utama gunakan masker.

Walaupun demikian, imunitas terhadap Covid-19 yang dihasilkan setelah kita terkena Covid-19 masih diperdebatkan tentang kekuatan dan berapa lama bisa bertahan di dalam tubuh manusia. Tetapi minimal kita bisa mengurangi beban keluarga, lingkungan, negara dan tenaga kesehatan jika hanya sakit ringan atau bahkan tanpa gejala, akibat disiplin menggunakan masker.

Referensi: USCF

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Ronald Wan

Share jika Bermanfaat
  • 15
  • 2
  •  
  •  
  •  
  • 1
  • 3
  •  
  •  

Author: Ronald Wan

@Pseudonym | Love To Read | Try To Write | Observant | email : [email protected]