Berapakah Angka Kekayaan Anda menurut Bloomberg

Berapakah Angka Kekayaan Anda Menurut Bloomberg?

Anda boleh bangga ketika memiliki mobil, rumah dan lainnya. Tetapi harus diingat kekayaan yang sesungguhnya adalah kekayaan bersih. Berapakah angka kekayaan Anda menurut Bloomberg?

Kekayaan bersih adalah semua aset yang Anda miliki dikurangi utang. Misalnya Anda memiliki mobil, jika dibeli tanpa kredit maka nilai sekarang mobil Anda bisa ditambahkan ke jumlah kekayaan bersih Anda.

Sedangkan jika mobil tersebut dibeli secara kredit. Maka nilai kekayaan bersih mobil Anda adalah nilai mobil sekarang dikurangi dengan jumlah utang yang masih tersisa. Atau lebih mudahnya berapa nilai cicilan yang masih harus Anda bayar.

Memberikan angka kepada nilai kekayaan bersih tidak mudah. Untuk itu Bloomberg menggunakan metode “Power Of Ten” di mana ketika 10 dipangkatkan dengan angka berapa saja maka sebenarnya Anda tinggal menambahkan jumlah nol di belakang angka 1 sesuai dengan nilai pangkatnya.

1.000.000 (1 juta ) adalah 10 pangkat 6 untuk itu Bloomberg memberikan angka 6 untuk orang yang memiliki kekayaan bersih senilai USD 1 juta atau sekitar 14 miliar rupiah (kurs Rp 14.000 per USD).

Angka kekayaan Bloomberg meningkat atau turun sesuai dengan nilai kekayaan bersih yang Anda miliki.

Baca juga: Kapitalisme dan Keadilan Sosial Menurut Warren Buffet

Perbedaan yang Sangat Jauh

Manusia di bumi ini yang memiliki kekayaan bersih senilai USD 1 juta hanya sekitar 40 juta orang. Sangat sedikit dibanding jumlah manusia yang sudah mencapai sekitar 7,5 miliar jiwa.

Sumber Bloomberg.com

Setelah Anda menghitung kekayaan bersih, silakan Anda melihat tabel di atas. Berapakah angka kekayaan Anda menurut Bloomberg. Apakah Anda masuk ke 40 juta orang yang memiliki 14 miliar rupiah?

Terlihat memang lebih dari 4 miliar orang atau lebih dari separuh manusia di bumi hanya mampu memiliki kekayaan bersih maksimal USD 100 ribu atau sekitar 1,4 miliar (kurs Rp 14.000 per USD).

Bahkan 1,5 miliar manusia hanya memiliki kekayaan bersih maksimal senilai USD 100 atau hanya sekitar 1,4 juta rupiah saja. Sekitar 20 persen jumlah manusia di bumi hanya memiliki kekayaan bersih yang berada di bawah UMP terendah di Indonesia (sekitar 1,5 juta per bulan).

Lebih menyedihkan lagi masih ada manusia yang hanya memiliki kekayaan bersih senilai USD 0,01 atau sekitar 140 rupiah. Nilai kekayaan bersih yang tidak cukup untuk dibelikan gorengan di Indonesia.

Tetapi ada dua orang yaitu Jeff Bezos dan Bill Gates yang memiliki kekayaan bersih lebih dari USD 100 miliar atau sekitar 10 persen dari nilai ekonomi Indonesia.

Referensi: Bloomberg.com

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Ronald Wan

Share jika Bermanfaat

Author: Ronald Wan

@Pseudonym | Love To Read | Try To Write | Observant | email : [email protected]