kemampuan pendiri startup

Apa Saja Kemampuan Pendiri Startup yang Dicari Investor?

Jenny Lee adalah seorang venture capitalist terkenal. Melalui GGV Capital, Jenny berinvestasi di Alibaba, Grab dan Xiaomi pada masa awal. Apa saja kemampuan pendiri startup yang dicari investor seperti Jenny Lee?

Visi

Kemampuan paling utama dan paling penting adalah visi. Tetapi memiliki mimpi untuk membuat dunia yang lebih baik, tidak cukup menurut Jenny. Investor akan melihat apakah sang pendiri startup memiliki rencana yang sesuai dengan bisnis mereka.

Visi menurut KBBI daring adalah 1.kemampuan untuk melihat inti persoalan 2. Pandangan atau wawasan ke depan. Kalau menurut saya, visi adalah kemampuan melihat ke masa depan (jangka panjang antara 10 sampai 20 tahun ke depan) mau dibawa ke mana perusahaan akan dibawa dan persoalan-persoalan apa yang akan dihadapi.

Jenny mengatakan “Visi Anda akan membawa Anda dan usaha Anda untuk masa 10, 20, 50 atau bahkan 100 tahun ke depan. Visi adalah inti dari bagaimana Anda mengarahkan perusahaan Anda”

Jack Ma pendiri Alibaba mampu melakukan ini dengan kepercayaan diri yang tinggi. Jack Ma pertama kali mendirikan situs e-dagang yang menghubungkan pabrik di China dengan pembeli dari luar negeri. Dalam pekerjaan sebelumnya, saya pun sering menggunakan Alibaba untuk mencari pemasok yang dibutuhkan.

“Kemampuan untuk menerjemahkan visi menjadi rencana kerja yang masuk akal. Rencana kerja yang akan digunakan oleh manajer dan staf. Adalah kemampuan atau kemampuan yang tidak kalah penting dibanding hanya memiliki visi” kata Jenny

Pantang Menyerah atau Ulet

Lebih banyak usaha yang dimulai dengan merangkak lambat seperti bayi yang baru belajar berjalan. Dalam mendirikan usaha pasti ada kesulitan dan permasalahan yang dihadapi.

Sifat pantang menyerah atau ulet adalah kemampuan kedua pendiri startup yang dicari investor.

Jenny mengatakan dia banyak menemukan startup yang hampir kolaps. Namun karena sang pendiri pantang menyerah dan ulet. Startup tersebut mampu membalikkan keadaan dari hampir kolaps menjadi sukses.

“Keuletan adalah salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh pendiri startup. Kemampuan untuk terus maju walau badai menerjang adalah vital” kata Jenny

Adaptasi

Perubahan dalam dunia startup dan bisnis pada umumnya terjadi lebih cepat dibandingkan 10 tahun yang lalu. Bayangkan saja 10 tahun yang lalu mungkin kita tidak menyangka memiliki ponsel pintar yang memiliki RAM lebih besar dibanding komputer (RAM komputer sekarang, pada umumnya mungkin sekitar 4GB, ponsel ada yang memiliki RAM 6GB).

“Menurut saya kemampuan beradaptasi. Kemampuan untuk menilai situasi dengan cepat dan menemukan solusi dengan cepat pula. Adalah kemampuan yang paling penting dimiliki oleh pendiri startup” kata Jenny.

Baca juga : “Mengapa Unicorn membutuhkan modal asing?

Referensi : CNBC.com

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Ronald Wan

Share jika Bermanfaat

Author: Ronald Wan

@Pseudonym | Love To Read | Try To Write | Observant | email : [email protected]