Penguasa pasar smartphone

Siapakah Penguasa Pasar “Smartphone” Sesungguhnya?

Apakah Anda memiliki smartphone? Mungkin semua pembaca yang membaca tulisan ini akan menjawab ya. Pertanyaan lainnya adalah siapa sebenarnya penguasa pasar smartphone?

Smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan .Bahkan banyak orang panik jika smartphonenya tertinggal. Teknologi smartphone sudah sangat canggih.Bayangkan, kemampuan proses data I Phone 5 adalah 2,7 kali kemampuan proses data super komputer Cray 2 yang diperkenalkan tahun 1985.

Tetapi saya sekarang ini, merasa bahwa kemajuan teknologi smartphone belum ada lompatan lagi. Sehingga saya tidak tertarik untuk mengganti smartphone yang dimiliki dengan smartphone baru yang muncul setiap tahun.

Pangsa pasar Android

Sumber Idc.Com

Dilihat  dari tabel diatas, sistem operasi Android masih menjadi penguasa pasar smartphone pada tahun 2016. Android memiliki pangsa pasar 86.8% diikuti oleh iOS yang memiliki pangsa pasar 12,5%

Pangsa pasar smartphone

Sumber Idc.Com

Samsung masih menjadi raja produsen smartphone dengan pangsa pasar 26% di tahun 2016. Apple masih menduduki posisi kedua dengan pangsa pasar 12,5%. Yang menarik adalah naiknya pangsa pasar produsen smartphone China seperti terlihat pada tabel. Merek-merek China ini memang terus menerus mengembangkan teknologi dengan dukungan dari pemerintah negaranya.

Microprocessor adalah otak dari smartphone, Qualcomm  masih memiliki pangsa pasar terbesar sebagai produsen microprocessor smartpone di tahun 2016 (39%). Mediatek menduduki posisi kedua (23%) diikuti oleh Apple di posisi ketiga (15%).

Saat ini banyak produsen smartphone mulai mengembangkan microprocessor sendiri. Samsung dengan Exynos, Kirin yang diproduksi oleh Huawei. Bahkan terakhir Xiaomi juga mengembangkan microprocessor sendiri juga smartphone mereka.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa dibalik semua kecanggihan microprocessor itu ada satu nama ARM (Advance RISC Machine).

ARM Holding adalah suatu perusahaan yang didirikan pada tahun 1990. Perusahaan ini merupakan hasil kerjasama  Acorn Computers, Apple Computer dan VLSI Technology.

Model bisnis perusahaan ini sangat menarik. Tidak seperti perusahaan microprocessor lainnya, seperti Intel, Nvidia, AMD dan lain lain yang selalu memproduksi microprocessor sendiri. ARM hanya mengembangkan teknologi dan desain microprocessor-nya. Setelah itu ARM akan menjual lisensi teknologi  dan arsitektur microprocessor yang mereka kembangkan,  untuk diproduksi oleh perusahaan lain.

Microprocessor buatan Qualcomm, Mediatek, Apple, Samsung dan lain-lain, dibuat dengan menggunakan teknologi arsitektur yang dikembangkan oleh ARM.

95% dari smartphone yang beredar saat ini menggunakan otak yang teknologinya dikembangkan oleh ARM.

ARM adalah penguasa pasar smartphone yang sesungguhnya., tanpa pernah memproduksi satu bagian apapun dari smartphone .

Artikel ini pernah ditayangkan di Kompasiana pada awal 2017

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Ronald Wan

 

 

Bagikan Jika Bermanfaat
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
Posted in Opini Ekonomi and tagged , , , .

@Pseudonym | Love To Read | Try To Write
Observant