Donald Trump

Mengapa Pemilu Sela AS 2018 Penting Bagi Ekonomi?

Donald Trump terpilih menjadi presiden AS pada tahun 2016. Pada saat itu partai Republik menguasai “House of Representative” (DPR) dan juga Senat AS. Pemilu sela AS 2018 adalah saat bagi Demokrat untuk mencoba membalikkan keadaan.

Saat Republik menguasai Kongres AS (DPR plus Senat), maka semua kebijakan dan tindakan Trump tidak ada yang membendung. Demokrat tidak punya kekuatan untuk mencoba mengekang Trump.

Baca “ Bahkan Diplomat Asing di AS menyesuaikan diri

Inilah yang menjadi sebab mengapa Trump seakan-akan bisa seenaknya saja melakukan apa yang dia suka. Sebagai seorang presiden AS, semua tindakan dan kebijakan Trump akan mempengaruhi dunia.

Misalnya saat Trump memutuskan untuk keluar dari kesepakatan Paris. AS sebagai salah satu penyumbang polusi dunia yang besar akan berpengaruh cukup besar dalam usaha dunia untuk mengurangi pemanasan global.

Beberapa tindakan Trump sebenarnya sangatlah bertolak belakang dengan keinginan dia. Trump menginginkan agar harga minyak terkendali namun yang terjadi adalah AS membatalkan perjanjian nuklir dengan Iran dan kembali mengenakan sanksi kepada Iran.

Sehingga dengan potensi berkurangnya pasokan Iran, harga minyak sempat naik cukup tinggi. Namun di sisi lain Trump mencoba menekan OPEC untuk meningkatkan produksi, suatu hal yang aneh. Baca ”Donald Trump, Tindakan, Harapan dan Kemarahan

Tindakan Trump yang paling mengguncang dunia adalah perang dagang. Bukan saja dengan China tetapi pada awalnya kepada banyak negara. Termasuk dengan sekutu tradisional AS seperti Uni Eropa, Kanada dan Jepang.

Ekonomi dunia panas dingin yang menyebabkan mata uang negara berkembang termasuk Rupiah mengalami tekanan luar biasa.

Mungkin ini cara Trump untuk melakukan tekanan kepada negara lain sebelum melakukan negosiasi. Dengan tujuan untuk mengurangi defisit neraca perdagangan AS. Namun cara yang di luar kebiasaan ini membuat negara lain menderita.

Demokrat menang dalam pemilu sela dan berhasil menguasai DPR. Kemenangan ini menjadi sangat penting karena Republik tidak lagi menguasai pemerintahan secara utuh.

Sedikit banyak bisa diharapkan Trump akan bisa lebih dikendalikan dan tidak sembarangan lagi mengeluarkan kebijakan yang kontroversial. Di samping itu Demokrat juga mengatakan akan melanjutkan investigasi tentang peranan Rusia dalam pemilihan presiden 2016 serta akan memulai investigasi dugaan Trump melakukan penghindaran pajak pada masa lalu.

Melihat perkembangan sekarang, AS dan China sudah melanjutkan pembicaraan tentang perang dagang. Serta diharapkan Trump dan Xi Jinping akan bertemu di Argentina dalam pertemuan tingkat tinggi G20. Melunaknya AS mungkin akibat kemenangan Demokrat di pemilu sela, sehingga Trump berubah arah demi menjaga potensi dirinya dalam pemilihan presiden 2020.

Jika memang terjadi kesepakatan maka ketidakpastian ekonomi dunia akan berkurang sehingga bisa diharapkan tahun 2019 bisa menjadi tahun yang bagus bagi ekonomi.

Referensi : Beberapa Media Luar Negeri

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Diarysaham.com

Bagikan Jika Bermanfaat
Share on Facebook
Facebook
1Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Pin on Pinterest
Pinterest
0
Posted in Artikel Ekonomi lain and tagged , , , .