Hasil rapat the fed

“Minutes Meeting” The Fed September 2018, Masih Hawkish

Federal Open Market Committee atau The Fed, pada September 2018 meningkatkan suku bunga acuannya sebanyak 0,25% menjadi 2,25%. Minutes Meeting The Fed selalu ditunggu untuk dianalisis bagaimana kebijakan the fed ke depannya.

Hasilnya adalah The Fed masih yakin bahwa peningkatan suku bunga secara gradual untuk mempertahankan kestabilan ekonomi Amerika Serikat (AS).

Donald Trump beberapa kali mengkritisi kebijakan ini, bahkan sampai mengatakan bahwa The Fed sudah gila mempertahankan kebijakan peningkatan suku bunga. Hal ini karena akibat naiknya suku bunga maka dolar terus menguat terhadap mata uang dunia.

Namun ternyata hal ini tidak berpengaruh. Dalam rapat September 2018, seluruh anggota sepakat untuk meningkatkan suku bunga sebesar 0,25%. Menunjukkan kesatuan dalam mempertahankan kebijakan.

Untuk kebijakan selanjutnya, secara umum peserta rapat sepakat bahwa peningkatan suku bunga secara gradual tidak akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, pasar tenaga kerja akan tetap kuat dan inflasi akan mendekati 2% dalam jangka menengah.

Beberapa pengusaha AS yang dihubungi oleh The Fed mengatakan bahwa mereka yakin terhadap pertumbuhan ekonomi tetapi akan menghadapi beberapa masalah setelah efek kebijakan fiskal menghilang (salah satunya adalah penurunan tarif pajak perusahaan di AS).

Beberapa hal yang menjadi kekhawatiran pengusaha AS adalah kekurangan tenaga kerja (tingkat pengangguran AS sangat rendah saat ini) dan juga ketidakpastian kebijakan perdagangan.

Sebagai contoh tarif untuk aluminium dan baja telah mengurangi investasi baru di bidang energi. Pengusaha AS juga berusaha untuk mencari mitra dagang baru baik untuk ekspor dan impor.

Petani AS mengeluh bahwa tarif menjatuhkan harga produk pertanian, walaupun subsidi yang dijanjikan oleh Trump  (Sekitar US$ 12 miliar) akan bisa sedikit mengurangi tekanan terhadap para petani.

Salah satu yang patut menjadi perhatian dalam minutes meeting ini adalah hilangnya kata akomodatif dari deskripsi tentang kebijakan moneter di masa depan.

Menurut saya hal ini menyatakan bahwa the fed yakin kebijakannya tidak akan menghambat pertumbuhan ekonomi. Walaupun sedikit banyak mempengaruhi negara lain di dunia, terutama negara berkembang.

Bersiaplah, suku bunga acuan AS akan tetap meningkat sesuai perkiraan. Kemungkinan satu kali lagi di tahun 2018 dan mungkin bisa meningkat 2 sampai 3 kali di tahun 2019. Kebijakan the fed masih akan tetap hawkish sementara ini.

CNBC.com

 

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Diarysaham.com

 

 

Bagikan Jika Bermanfaat
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Pin on Pinterest
Pinterest
0
Posted in Artikel Ekonomi lain and tagged , , , , , .