Hasil rapat the fed

The Fed Meningkatkan Suku Bunga Acuan AS, September 2018

The Fed meningkatkan suku bunga acuan AS kemarin (26 September 2018), sebuah keputusan yang sesuai dugaan banyak pelaku pasar. Dalam berbagai survei sekitar 90% pelaku pasar memperkirakan kenaikan ini.

Suku bunga acuan AS meningkat sebesar 25 basis poin menjadi 2 persen sampai 2,5 persen. Sama seperti suku bunga di April 2008.

Kemungkinan kenaikan suku bunga acuan AS di Desember 2018 semakin menguat. The Fed memproyeksikan kenaikan sekali lagi di tahun ini dan tiga kali kenaikan di tahun 2019.

Tingkat optimisme The Fed terhadap pertumbuhan ekonomi AS juga meningkat. Jika sebelumnya The Fed memperkirakan bahwa ekonomi AS akan tumbuh sebesar 2,8% maka sekarang ini meningkat menjadi 3,1% di tahun 2018.

Tahun 2019 pertumbuhan ekonomi AS juga diperkirakan cukup baik oleh The Fed. Perkiraannya meningkat dari 2,4% menjadi 2,5% sedangkan untuk tahun 2020 pertumbuhan ekonomi AS sebesar 2% (tidak berubah dari perkiraan sebelumnya).

Ada satu bagian yang hilang dari pengumuman sebelumnya. “The stance of monetary policy remain accommodative” atau kebijakan moneter akan mengakomodasi perkembangan.

Hal ini menurut saya, The Fed yakin dengan kebijakan yang mereka lakukan tidak akan membuat ekonomi AS melambat.

Sebuah ketidakpastian yang sudah terjawab, berpotensi untuk mengurangi gonjang ganjing di pasar keuangan Indonesia.

CNBC.com

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Diarysaham.com

Ronald Wan

Bagikan Jika Bermanfaat
Share on Facebook
Facebook
11Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Pin on Pinterest
Pinterest
1
Posted in Artikel Ekonomi lain and tagged , , , , .