perangdagang

China: Kami Akan Mencoba Menyelamatkan Dunia dari AS

Tekanan dari pemerintahan Trump kepada China terus bertambah, terakhir tanggal 24 September 2018 telah berlaku tarif sebesar 10% bagi sekitar US$ 200 miliar barang impor asal China. Tetapi China tetap melawan, China: Kami akan mencoba menyelamatkan dunia dari AS.

China menuduh pemerintah AS telah melakukan perundungan perdagangan yang menimbulkan ketidakpastian dan bisa mengakibatkan menurunnya pertumbuhan ekonomi global.

Komentar ini muncul dalam sebuah laporan sejumlah 71 halaman yang merupakan jawaban pemerintah China atas kritik yang diberikan oleh AS. Dalam laporan ini China juga mengatakan bahwa kami tidak menginginkan perang dagang tetapi kami tidak takut dan akan melawan jika diperlukan.

Laporan yang diterbitkan pada hari Senin 24 September 2018 ini menurut Eswar Prasad seorang profesor di Cornell kepada CNBC. “Laporan yang diterbitkan oleh pemerintah China ini sangat menarik. Menunjukkan bahwa China ingin mempertahankan standar moral pada masalah perdagangan ini. China ingin mengungkapkan bahwa mereka baru menyerang jika ada serangan”

Di sisi lain pembicaraan antara AS dan China mengalami penundaan. China mengatakan bahwa mereka tidak bersedia untuk melakukan pembicaraan jika ditodong dengan pisau pada leher mereka.

Trump yang mengenakan tarif baru sebelum pembicaraan dimulai bisa dinilai bagaikan menodongkan pisau di leher pemerintah China.

CNBC.com

China merencanakan penurunan tarif

Sebuah berita Bloomberg minggu lalu yang mengatakan China merencanakan penurunan tarif impor atas sejumlah barang. Menguatkan dugaan saya bahwa China menggunakan serangan sayap dalam melawan Trump. Baca ”China mengandalkan serangan sayap dalam melawan Trump

Kemungkinan besar penurunan tarif yang akan berlaku di bulan Oktober ini akan diberikan untuk barang-barang impor eks negara selain AS. Menurut Li Keqiang pada World Economic Forum, pemerintah China akan menurunkan tarif impor untuk mendorong konsumsi.

Namun menurut saya kemungkinan penurunan tarif ini juga ditujukan untuk merayu negara lain agar mau meningkatkan kerja sama dengan China. Dan sedikit banyak akan menekan AS yang sekarang ini menyalahkan hampir semua negara atas defisit perdagangannya.

Reuters.com

**

Pemilu sela AS yang akan dilaksanakan pada bulan November akan mempengaruhi kebijakan AS. Jika Demokrat berhasil menang berarti kekuatan partai Republik di senat dan kongres akan berkurang.

Demokrat akan mungkin bisa sedikit mengendalikan Donald Trump. Dalam negosiasi dagang dengan AS,  China terlihat sedikit mengulur waktu mungkin berharap bahwa Demokrat akan menang.

 

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Diarysaham.com

Ronald Wan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan Jika Bermanfaat
Share on Facebook
Facebook
4Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Pin on Pinterest
Pinterest
0
Posted in Artikel Ekonomi lain and tagged , , , , .