ekonomi minggu ini

Ekonomi Minggu ini 19-25 Agustus 2018

Suku bunga AS dan perang dagang menjadi sorotan dalam berita ekonomi minggu ini 19-25 Agustus 2018. Berita menarik dalam minggu ini adalah kemungkinan kenaikan suku bunga, hasil negosiasi AS dan China serta beberapa berita lainnya.

Berikut adalah rangkuman berita-berita tersebut,

Pidato Jerome Powell tetap Hawkish

Dalam sebuah pidato yang dinantikan di Jackson Hole Amerika Serikat. Gubernur Bank Sentral AS (the fed), Jerome Powelll mengatakan bahwa dia tetap memperkirakan suku bunga acuan AS akan tetap meningkat.

Lebih jauh Powell mengatakan ekonomi AS kuat dan mampu untuk menerima normalisasi kebijakan the fed. Powell juga mengatakan bahwa ada risiko di luar AS dan dalam negeri yang bisa mengubah arah kebijakan bank sentral AS.

Kecaman Trump atas kenaikan suku bunga tidak berpengaruh terhadap kebijakan the fed.

Normalisasi menurut saya adalah sebuah kata yang menarik. Yang harus diperhatikan bahwa saat ini bukan hanya suku bunga acuan AS yang belum “normal” namun juga portofolio bank sentral yang cukup besar akibat “quantitative easing”

Jika keduanya dinormalisasi maka kemungkinan besar US$ tetap akan menguat terhadap mata uang lain di dunia.

CNBC.com

Di sisi lain pidato Jerome Powell tidaklah mengejutkan karena masih sesuai dengan risalah rapat dewan gubernur yang dirilis minggu ini. Baca “The Fed tetap akan meningkatkan suku bunga”.

Hasil Negosiasi AS dan China

Minggu ini tepatnya tanggal 22-23 Agustus 2018, delegasi China yang dipimpin oleh wakil menteri perdagangan Wang Shaowen akan bertemu dengan delegasi AS yang dipimpin oleh wakil menteri keuangan David Malpass. Salah satu agenda yang akan dibahas adalah bagaimana AS dan China membuat peta jalan negosiasi yang akan diakhiri dengan pertemuan antara Xi Jinping dan Donald Trump.

Kamis minggu lalu kedua negara mengumumkan pertemuan antar pejabat tingkat menengah dalam rangka mencari jalan keluar tensi perdagangan antara AS dan China.

Hasil negosiasi ini tidak bisa dibilang baik ataupun buruk. Diperkirakan China mengulur waktu untuk menunggu pemilu sela Amerika Serikat yang akan berlangsung bulan November 2018.

Jika partai Demokrat berhasil maka bisa jadi ada perubahan kebijakan perdagangan AS.

Tidak berhasilnya negosiasi AS dan China menyebabkan pasar modal Asia tertekan. Demikian pula dengan mata uang negara negara Asia.

Reuters

Penerimaan Pajak Naik 15,49 persen

Berita baik disampaikan oleh Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan. Per 20 Agustus 2018 penerimaan pajak sudah mencapai 50% dari target.

Dengan total penerimaan Rp. 760,57 triliun atau 53,41% dari target 2018 yaitu Rp. 1.424 triliun. Penerimaan ini meningkat 10,68% dibandingkan akhir Juli 2018 dan meningkat 15,49% dibanding periode yang sama tahun 2017.

Kenapa hal ini saya bilang berita baik, di tengah tekanan eksternal terhadap ekonomi Indonesia dan juga neraca pembayaran yang melebar. Dengan target penerimaan pajak yang tercapai akan mengurangi tekanan bagi pemerintah untuk mencari utang tambahan demi menutupi kekurangan penerimaan pajak.

Kompas.com

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Diarysaham.com

Bagikan Jika Bermanfaat
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Pin on Pinterest
Pinterest
0
Posted in Ekonomi Minggu Ini and tagged , , , , .