Shaq

Mengatur Keuangan dan Investasi Ala Shaquille O’Neal

Shaquille O’Neal yang kerap disebut Shaq adalah seorang pemain basket profesional yang sangat terkenal. Lahir pada 5 Maret 1972 Shaq yang bernama lengkap Shaquille Rashaun O’Neal memiliki tinggi badan 2,16 meter.

Pertama kali bergabung di NBA, Shaq direkrut oleh klub basket Orlando Magic. Dalam menjalankan karir profesionalnya Shaq pernah bergabung dengan LA Lakers, Miami Heat, Phoenix Sun, Cleveland Cavaliers dan terakhir Boston Celtics.

19 tahun berkarir, Shaq telah memiliki banyak sekali penghargaan antara lain 15 kali terpilih sebagai NBA all Star, 4 kali membawa klub menjuarai NBA dan NBA Most Valuable Player pada tahun 2000.

Setiap orang baik yang memiliki uang sedikit dan terlebih lagi memiliki uang yang banyak. Harus memiliki cara mengatur keuangan dan melakukan investasi.

Karir yang bagus ada masanya. Tidak mungkin seseorang bisa terus menerus berkarir atau memiliki karir yang bagus dan menghasilkan uang. Terlebih lagi atlet profesional, ada batas usia dimana seorang atlet akan menurun kemampuannya.

Umur tidak bisa dilawan.

Seperti Mike Tyson yang pada puncak karir bisa dibayar jutaan US$ sekali bertanding. Akhirnya bangkrut setelah karirnya tidak lagi berkembang.

Shaq Mengatur Keuangan

Selama masih hidup, mungkin tidak ada orang di dunia ini yang tidak membutuhkan uang. Untuk itu semua orang berusaha untuk bekerja guna mendapatkan penghasilan. Baik dengan berusaha sendiri maupun bekerja untuk orang lain.

Begitupun Shaq, dia bekerja sebagai atlet. Atlet profesional yang menghibur orang dengan permainan basketnya. Digaji dan juga mendapatkan uang dari sektor lain, dari sponsor misalnya.

Cara Shaq mengatur keuangan sangatlah sederhana. Membelanjakan hanya 25% dari penghasilannya. Sisanya ditabung dan diinvestasikan. Mungkin mudah bagi Shaq yang penghasilannya besar.

Namun sebenarnya hal itu bisa kita balik atau bahkan kurangi. Misalnya 25% penghasilan kita, langsung masuk ke tabungan atau investasi. Sisanya baru dibelanjakan dan dipakai untuk membayar utang serta biaya lainnya.

Jika masih tidak mungkin, Anda bisa menentukan sendiri. 10%, 5% ataupun berapa persen yang Anda tentukan. Namun harus disiplin dan langsung masuk ke rekening tabungan atau investasi.

Shaq Memilih Investasi

Banyak cara untuk bisa memutuskan investasi apa yang akan kita lakukan atau jalankan. Berdiskusi, belajar, membaca rekomendasi. Jika ingin investasi ke Forex atau Saham misalnya menggunakan analisa teknikal atau analisa fundamental.

Namun ternyata semua cara itu tidaklah membuat Shaq memperoleh keuntungan.

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Shaq mengatakan bahwa dia tidak melakukan perhitungan yang rumit. Karena tidak memberikan keuntungan. Yang dia lakukan adalah melakukan investasi pada sesuatu yang akan mengubah cara manusia menjalankan kehidupan.

Untuk itu dia melakukan investasi di Google dan Apple. Selain berinvestasi di klub kebugaran, restoran, night club dan lainnya.

Sebuah pilihan bagi masing-masing diantara kita untuk menentukan investasi apa yang akan kita lakukan. Namun menurut pendapat saya, investasi adalah jalan untuk memupuk kekayaan.

Referensi : Wikipedia  ;   CNBC

Sumber foto CNBC.com

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Diarysaham.com

Bagikan Jika Bermanfaat
Share on Facebook
Facebook
4Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Pin on Pinterest
Pinterest
1
Posted in Artikel Ekonomi lain and tagged , , , .