Tulisan Kecil yang Penting, Namun Sering Diabaikan

Tulisan Kecil yang Penting, Namun Sering Diabaikan

Dalam keseharian, seringkali kita malas atau mungkin lebih tepatnya tidak perduli dengan tulisan yang kecil. Memang bahasa yang disajikan seringkali membuat kepala pusing. Namun banyak hal penting yang terkandung dalam tulisan itu.

Misalnya Anda mendaftarkan diri ke suatu aplikasi, adakah diantara Anda yang membaca semua syarat dan ketentuan. Saya pribadi tidak. Suatu kebiasaan yang tidak patut untuk ditiru, karena zaman sekarang data kita adalah komoditas yang berharga.

Anda berniat menyewa rumah atau tempat usaha. Apakah Anda baca semua tulisan di dalam perjanjian yang diberikan? Saya berusaha melakukannya, karena tidak mau terjebak dengan sebuah perjanjian yang berat sebelah.

Banyak kejadian, seseorang mengambil asuransi. Begitu ada kejadian orang tersebut, mencoba melakukan klaim. Ternyata tidak di tanggung atau malah misalnya asuransi kesehatan dianggap penyakit yang sudah ada sebelumnya. Sehingga tidak ditanggung oleh asuransi.

Sesuatu yang berhubungan dengan keuangan atau hal yang memiliki implikasi besar, saya pikir penting bagi kita untuk dapat mendisiplinkan diri.

Jangan lengah dan baca semua tulisannya, termasuk yang paling kecil sekalipun.

Sama seperti kita sedang sekolah, ketika ujian banyak pertanyaan yang menjebak. Dalam arti ketika kita tidak membaca secara sempurna. Jawaban yang diberikan pasti salah, karena pertanyaan sesungguhnya misalnya ada di bagian tengah soal. Di kehidupan sehari-hari juga banyak hal yang bisa menimbulkan salah pengertian. Terlebih lagi jika tidak dibaca.

Membaca saja cukup?

Hanya membaca semua perjanjian termasuk polis asuransi, kredit, perjanjian sewa atau apapun juga yang bisa berpengaruh besar terhadap kehidupan kita, tidaklah cukup. Kita juga harus mengerti apa yang dimaksud dengan tulisan tersebut.

Dalam asuransi, ada sebuah istilah tanggungan sendiri. Artinya di sini adalah, jumlah yang kita harus tanggung secara pribadi ketika kita mengajukan klaim.

Sebagai contoh, kendaraan kita terlibat kecelakaan Perkiraan perbaikan adalah Rp 100.000,- tetapi tanggungan sendiri adalah Rp. 500.000,-. Sebaiknya jangan klaim ke asuransi, karena anda harus membayar minimal Rp 500.000,- untuk mengajukan klaim.

Jadi jika setelah membaca dan ada yang tidak dimengerti, tanya! Janganlah perasaan gengsi dan malu membuat kita enggan untuk bertanya. Bisa sesat di kamar, hehehe.

Setelah baca dan mengerti, apalagi?

Biasakan dalam melakukan sebuah kerjasama. Buatlah juga tulisan yang kecil nan penting ini dalam bentuk hitam di atas putih. Artinya dalam melakukan kerjasama, buatlah perjanjian yang komprehensif.

Hal ini penting untuk dilakukan walaupun dengan teman atau keluarga sendiri. Karena untuk menghindari salah paham, terutama setelah sebuah kerjasama berhasil.

Membaca, memahami dan menerapkan perjanjian adalah sebuah keharusan. Demi kita sendiri, janganlah menandatangani apa yang belum kita baca dan pahami.

Salam

Hanya Sekedar Berbagi

Diarysaham.com

Sumber gambar https://www.tollers.co.uk

Bagikan Jika Bermanfaat
Share on Facebook
Facebook
1Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Pin on Pinterest
Pinterest
0
Posted in Artikel Ekonomi lain and tagged , , , .