Hasil rapat the fed

Menelaah “The Fed Minutes Meeting” Maret 2018

Menelaah “The Fed Minutes Meeting” Maret 2018

Amerika Serikat sampai sekarang adalah negara dengan nilai ekonomi terbesar di dunia. Setiap kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh AS akan selalu mempengaruhi dunia. Itulah sebabnya, mengapa setiap kali The Fed (bank sentral AS) mengeluarkan kebijakan. Semua negara akan memperhatikan.

Dalam rapat bulan Maret 2018, bank sentral AS mengeluarkan keputusan untuk menaikkan suku bunga sebesar 0,25% menjadi 1,5%-1,75%. Kemarin risalah rapat tersebut dibuka untuk publik.

Di dalam risalah (the fed minutes) tersebut dikatakan bahwa seluruh peserta rapat. Memperkirakan bahwa ekonomi AS akan menguat dan inflasi akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

Lebih lanjut dalam risalah tersebut mengatakan bahwa dalam jangka menengah. Semua peserta rapat setuju bahwa kebijakan keuangan akan tetap perlu diperketat. Kemudian, hampir semua peserta rapat setuju bahwa tetap wajar untuk mengikuti kebijakan yang sudah ada untuk meningkatkan suku bunga secara bertahap.

Saat ini pasar memperkirakan bahwa suku bunga bank sentral AS akan naik lagi, di bulan Juni dan September 2018. Dengan 25% kemungkinan adanya peningkatan suku bunga ke empat kalinya di tahun 2018.

Federal Open Market Committee, cukup optimis dengan keadaan ekonomi. Dengan melihat bahwa adanya peningkatan yang cukup solid di industri manufaktur dan jasa pada kuartal pertama tahun ini.

FOMC juga yakin bahwa kebijakan pemotongan pajak akan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Pemotongan pajak yang juga didukung oleh peningkatan belanja negara AS, sebesar US$1,3 triliun.

Namun di sisi lain, peserta rapat the Fed mengkhawatirkan dampak peningkatan tarif impor  yang diumumkan oleh pemerintah AS. Karena adanya kemungkinan balasan dari negara lain, sehingga meningkatkan ketidakpastian dan bisa menurunkan potensi ekonomi AS.

Peningkatan bunga di bulan Maret 2018 adalah peningkatan yang keenam sejak tahun 2015.

Melihat “The Feds Minutes Meeting”, kemungkinan kenaikan suku bunga AS sebanyak dua kali lagi bisa terjadi. Probabilitasnya mungkin sudah mencapai sekitar 80%.

Namun selama suku bunga hanya naik 3 kali di tahun 2018, ekonomi dunia akan tetap stabil. Terlepas dari kemungkinan perang dagang dan naiknya tensi politik di Timur Tengah.

Referensi ;  CNBC.com  ; Marketwatch

 

Salam

Hanya Sekadar Berbagi

Diarysaham.com

Bagikan Jika Bermanfaat
Share on Facebook
Facebook
1Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Pin on Pinterest
Pinterest
0
Posted in Artikel Ekonomi lain and tagged , , , , .