Manfaat Kartu Kredit

Cara Memaksimalkan Manfaat Kartu Kredit

Cara Memaksimalkan Manfaat Kartu Kredit

Kartu kredit bisa menjerumuskan orang ke jurang hutang. Kartu kredit bisa membuat orang menjadi konsumtif dan lain sebagainya. Pandangan negatif terhadap Kartu kredit.

Kartu kredit hanyalah alat, tergantung manusia sebagai makhluk yang berakal budi menggunakannya. Bisa positif atau negatif.

Banyak sekali manfaat Kartu kredit jika kita bisa disiplin dalam penggunaannya,

Tidak perlu membawa uang tunai

Semakin banyak tempat yang menerima pembayaran dengan Kartu kredit. Kita tidak perlu mambawa banyak uang tunai.

Bahkan beberapa perusahaan jasa transportasi online sudah menerima pembayaran dengan Kartu kredit, setelah sampai Anda tinggal langsung turun. Tidak repot lagi menunggu kembalian.

Hutang 30-45 hari tanpa bunga

Kartu kredit memiliki tanggal cetak tagihan yang tetap setiap bulannya. Misalkan tanggal cetak kartu adalah tanggal 10 setiap bulan. Anda berbelanja tanggal 11, transaksi memang sudah masuk ke dalam data penerbit kartu kredit tapi belum dikenakan bunga.

Dari tanggal berbelanja sampai dengan tanggal cetak adalah sekitar 30 hari, berarti anda berhutang ke bank tanpa bunga selama 30 hari.

Jika ditambah dengan batas waktu pembayaran atau tanggal jatuh tempo yang biasanya sekitar 14-20 hari dari tanggal cetak. Berarti Anda mendapatkan hutang dengan jangka waktu sekitar 45 hari tanpa bunga.

Dengan catatan bahwa Anda melunasi total semua tagihan.

Kebutuhan mendesak

Jika Anda memiliki kebutuhan mendesak tapi belum gajian, Anda bisa memanfaatkan Kartu kredit untuk membeli kebutuhan itu.

Misalkan Anda memilki bayi dan susunya sudah habis, tapi tanggal tua. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan Kartu kredit.

Cara yang paling konvensional adalah langsung beli susu dengan Kartu kredit dan lunasi pada tanggal jatuh tempo pembayaran.

Jika Anda memperhitungkan bahwa bulan depan belum bisa dilunasi, Anda bisa memanfaatkan perubahan transaksi menjadi cicilan tetap. Masing-masing penerbit mempunyai aturannya sendiri mengenai hal ini.

Saran saya agar Anda menghubungi penerbit Kartu untuk mencari tahu tentang aturan, berapa minimal transaksi yang bisa diubah menjadi cicilan tetap dan bunga yang dikenakan.

Pengalaman saya dengan mengubah transaksi menjadi cicilan tetap misalnya 3,6 atau 12 bulan. Bunga yang dikenakan jauh lebih rendah dibandingkan dengan bunga jika kita tidak melunasi seluruh tagihan setiap bulannya.

Cara lainnya adalah dengan belanja susu ke toko online. Sekarang ini saya perhatikan banyak toko online yang menawarkan cicilan untuk hampir semua barang yang dijual.

Selain itu jika Anda butuh barang elektronik seperti komputer misalnya, banyak tawaran dengan cicilan tetap dengan bunga 0% yang bisa Anda manfaatkan.

Dana cadangan

Saya pribadi menganggap memiliki Kartu kredit adalah mempunyai dana cadangan yang dipergunakan dalam kondisi darurat.

Pengalaman saya, membawa teman ke rumah sakit. Rumah sakit biasanya tidak akan melakukan tindakan sebelum ada uang muka. Untungnya pada saat itu saya membawa Kartu kredit sehingga bisa langsung membayar uang muka dan langsung dilakukan tindakan.

Iuran tahunan

Setiap tahun penerbit Kartu kredit akan menagih iuran yang besarnya tergantung dari jenis kartu. Silver biasanya Kartu kredit dengan iuran termurah.

Saya biasanya menelpon penerbit kartu untuk berusaha menghilangkan tagihan iuran tahunan. Ada penerbit yang mensyaratkan pembelanjaan dengan nilai tertentu agar tagihan bisa diabaikan. Jika anda memang butuh kenapa tidak, silahkan berbelanja kebutuhan Anda.

Jika tidak butuh, saya akan menganggap iuran tahunan adalah biaya yang harus saya bayarkan agar saya bisa memilki dana cadangan.

Kunci pemakaian Kartu kredit sehingga bisa memberi manfaat positif adalah disiplin

Anda harus disiplin dalam penggunaan Kartu kredit. Pastikan Anda memiliki penghasilan untuk membayar lunas tagihan pada saat jatuh tempo. Jika tidak mungkin melunasi Anda bisa menggunakan beberapa cara di atas untuk mengurangi beban bunga. Masukkan pembayaran tagihan Kartu kredit ke dalam anggaran bulanan.

Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jika ingin membeli sesuatu dengan Kartu kredit pastikan itu adalah kebutuhan bukan sekedar keinginan.

Menggunakan Kartu kredit berarti anda berhutang ke penerbit kartu, bukan mendapatkan dana tambahan.

Semua tergantung kita, apakah Kartu kredit bisa memberikan manfaat positif atau malah berdampak negatif terhadap kehidupan kita.

 

Salam

Hanya sekedar berbagi

Artikel ini pernah ditayangkan di Kompasiana oleh Ronald Wan

Diarysaham.com

Bagikan Jika Bermanfaat
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Pin on Pinterest
Pinterest
0
Posted in Artikel Ekonomi lain and tagged , , , .